ANALISIS KELAYAKAN AGRIBISNIS KARANG HIAS DI CV. REZKY BAHARI MAKASSAR, SULAWESI SELATAN, INDONESIA

Authors

  • Mauli Kasmi Fisheries Agribusiness Department, Pangkep State Polytechnic of Agriculture, 90655 Mandalle, Pangkep, Indonesia.
  • Muhammad Ridwan Fisheries Agribusiness Department, Pangkep State Polytechnic of Agriculture, 90655 Mandalle, Pangkep, Indonesia.
  • Ilyas Fisheries Agribusiness Department, Pangkep State Polytechnic of Agriculture, 90655 Mandalle, Indonesia.
  • Zulkifli Fisheries Agribusiness Department, Pangkep State Polytechnic of Agriculture, 90655 Mandalle, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.20956/jipsp.v7i14.11566

Abstract

Dalam perkembangan usaha karang hias setiap tahunnya meningkat dan berpengaruh positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat nelayan pesisir. Penelitian ini dilakukan dengan mempertimbangkan karang hias (koral) sebagai komoditi utama perusahaan di CV. Rezky Bahari, Makassar. Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Februari sampai Juni 2018. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kelayakan finansial agribisnis karang hias dan kelayakan investasi yang diperoleh dari keuntungan yang maksimal secara berkelanjutan. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder melalui metode wawancara dan pengamatan langsung di lapangan (CV. Rezky Bahari, Makassar).  Data di analisis dengan menggunakan metode NPV, Payback Period, Profitability Index, IRR, dan BEP.  Berdasarkan perhitungan NPV dari aliran kas 10 tahun dengan tingkat discount factor 18% maka diperoleh Profitability Index sebesar 1,27 yang menunjukkan bahwa usaha karang hias layak dikembangkan,  Payback Period menunjukkan jangka waktu pengembalian selama 6,3 tahun, Net Present Value sebesar Rp. 356.382.152 untuk usaha agribisnis karang hias lebih besar dari nol berarti layak untuk dilakukan dan dikembangkan, IRR yang dihasilkan adalah sebesar 14,013% di atas beban bunga sebesar 11,5%, BEP   yang   dicapai   selama   periode   proyeksi   rata - rata    sebesar Rp. 5.934.810.964 atau 377.694pcs dengan nilai tersebut belum memperoleh laba dan tidak menderita kerugian. Kata Kunci: Analisis, Agribisnis, Karang hias

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-10-20

Issue

Section

Articles