PENENTUAN KOMODITAS UNGGULAN PERIKANAN LAUT KABUPATEN POLEWALI MANDAR BERDASARKAN DATA STATISTIK TAHUN 2016

Penulis

  • Muhammad Ridwan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep
  • Mauli Kasmi Politeknik Pertanian Negeri Pangkep
  • Andi Rani Sahni Putri Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.20956/jipsp.v5i10.6203

Abstrak

Komoditas unggulan sektor perikanan laut merupakan salah satu komoditas strategis untuk meningkatkan pendapatan asli daerah.  Penelitian ini bertujuan untuk menentukan komoditas perikanan tangkap yang menjadi unggulan di Kabupaten Polman, Sulawesi Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan metode pengambilan sampel adalah purposive sampling berbasis data statistik tahun 2016. Analisis yang digunakan dalam peneltian adalah Location Quotient (LQ), dan analisis Specialization Index (SI). Penentuan komoditas unggulan apabila baik nilai LQ maupun SI >1.  Perangkingan komoditas menggunakan indeks komoditi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komoditas perikanan tangkap Kabupaten Polman di Sulawesi Barat yang menjadi unggulan utama adalah ikan teri (Stolephorus Sp), ikan madidihang (Thunnus albacores), ikan cakalang (Katsuwonus pelamis) dan ikan biji nangka (Upeneus moluccensis). Diantara keempat komoditas unggulan tersebut, ikan madidihang memiliki nilai LQ dan SI yang paling tinggi yaitu 1.87 dan 10.19. Hasil ini berimplikasi pada pentingnya strategi penangkapan dan pengelolaan ikan tuna madidihang di Kabupaten Polman untuk meningkatkan pendapatan daerah. Kata kunci: Komoditas Unggulan, perikanan laut, LQ, SI dan Kabupaten Polewali Mandar

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Muhammad Ridwan, Politeknik Pertanian Negeri Pangkep

Jurusan Agribisnis, Politeknik Pertanian Negeri Pangkep

Mauli Kasmi, Politeknik Pertanian Negeri Pangkep

Jurusan Agribisnis, Politeknik Pertanian Negeri Pangkep

Andi Rani Sahni Putri, Universitas Hasanuddin

kultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin

Referensi

BPS Kabupaten Polewali Mandar. Kabupaten Polewali Mandar Dalam Angka 2015. https://polewalimandarkab.bps.go.id/ , download: 15 Februari 2018.

Fadillah, Achmad. 2011. Analisis Dayasaing Komoditas Unggulan Perikanan Tangkap Kabupaten Sukabumi. (Skripsi Sarjana). Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor. 172 pp.

Irnawati, Ririn., D Simbolon, B Wiryawan, B Murdiyanto, dan T W Nurani. 2011. Analisis Komoditas Unggulan Perikanan Tangkap Di Taman Nasional Karimunjawa. Jurnal Saintek Perikanan. Vol.7. No. 1 , 2011: 1 – 9.

KKP. 2014. Status Pengelolaan Efektif Kawasan Konservasi Perairan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil di Indonesia. Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. https://surajis.files.wordpress.com download: 12 Februari 2018.

Lumbantobing, H F., F Agustriani, dan Isnaini. 2016. Analisis Peranan Subsektor Perikanan Tangkap terhadap Pembangunan Daerah dan Penentuan Komoditas Hasil Tangkapan Unggulan di Kota Sibolga. Maspari Journal. Juli 2016, 8(2):59-72.

Nelwan, A F P., M Y N Indar, dan M N Ihsan. 2015. Analisis Produktivitas Penangkapan Bagan Perahu di Perairan Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal IPTEKS PSP. Vol. 2(4) Oktober 2015:345-356.

Syafaat, N dan S Friyatno. 2000. Analisis Dampak Krisis Ekonomi Terhadap Kesempatan Kerja dan Identifikasi Komoditas Andalan Sektor Pertanian Di Wilayah Sulawesi: Pendekatan Input-Output. Ekonomi Dan Keuangan Indonesia. Vol. XLVIII No.4.

Winarti, Rini. 2007. Analisis Komoditas Unggulan Perikanan Laut terhadap Perekonomian Wilayah di Kabupaten Cilacap. (Skripsi). Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Diponegoro. Tidak di Publikasikan).

Yuliana, Rachmad dan S Rachmadi. 2015. Analisis Sektor Ekonomi Unggulan di Kabupaten Batanghari. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah. 3 (2): 115 – 128.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-03-21

Terbitan

Bagian

Articles