Antara Kerja Dan Cinta, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Karyawan Raos
Keywords:
Motivasi kerja, kepuasan kerja, Rumah makan RaosAbstract
Moivasi kerja yang dimiliki seseorang akan membawa pada kepuasan kerja dengan motivasi yang terdiri dari faktor internal dan eksternal sangat berpengaruh pada diri karyawan dalam menjalankan pekerjaannya. Faktor internal ada pada diri seseorang karyawan yang bekerja faktor ini sangat penting karena seseorang yang bekerja dengan rasa senang maka akan memudahkan seseorang melakukan pekerjaan dengan baik rasa yang di miliki akan membuat seseorang bertahan dalam bekerja dan memiliki tanggung jawab seseorang tidak akan benar dalam bekerja kalau sudah tidak menyukai pekerjaannya. Rasa itulah yang harus di timbulkan oleh karyawan rasa bahagia menjalankan pekerjaannya akan memotivasi dirinya. Faktor eksternal adalah faktor yang ada di lingkungan sekitar bagaiman pekerjaannya, hubungan dengan karyawanan lain serta keadaan tempat bekerja sangat berpengaruh pada karyawan. Motivasi yang terjaga akan membuat seseorang merasa puas dalam melakukan pekerjaannya kepuasaan kerja akan tercapai jika karyawan sudah melakukan pekerjaan dan tanggung jawabnya sebaik mungkin dan memberikan yang terbaik yang sudah dilakukan baik utuk pekerjaannya atau dirinya sendiri rasa puas ini yang meembuat karyawan tetap bertahan pada pekerjaannya. Penelitian yang di hasilkan bahwa karyawan memiliki motivasi kerja dan memiliki kepuasan kerja dilihat dari karyawan yang tetap mempertahankan rasa yang khas untuk rumah makan raos dan memberikan kepercayaan kepada konsumen sehingga setiap hari konsumen selalu banyak berdatangan dan memiliki program yang dapat menyatukan karyawan sehingga terjalin kekeluargaan.
References
Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta). DutaCom Journal, 9(1), 43–54.
Indrawati, A. D. (2013). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dan Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Sakit Swasta Di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(2), 135–142. https://doi.org/10.24843/MATRIK:JMBK
Iswara Putra, B., & Kartika Dewi, A. (2016). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional Terhadap Organizational Citizenship Behavior. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(8), 255043. https://doi.org/10.21831/economia.v9i1.1372
Jufrizen. (2018). Peran Motivasi Kerja Dalam Memoderasi Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. The National Conferences Management and Business (NCMAB), 405–424. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/9974/28. Jufrizen.pdf?sequence=1
Krisnaldy, K., Pasaribu, V. L. D., & Senen, S. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja Dan Iklim Organisasi Terhadap Motivasi Pegawai Serta Dampaknya Terhadap Kepuasan Kerja. JURNAL SeMaRaK, 2(2), 164–179. https://doi.org/10.32493/smk.v2i2.2936
Puspitawati, N. M. D., & Riana, I. G. (2014). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Dan Kualitas Layanan. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 8(1), 68–80. https://doi.org/10.24843/MATRIK:JMBK
Riyadi, S., & Mulyapradana, A. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Radhatul Atfal di Kota Pekalongan. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 13, 106–117. https://jurnal.pekalongankota.go.id/index.php/litbang/article/viewFile/60/58
Sekartini, N. L. (2016). Pengaruh Kemampuan Kerja,Disiplin Kerja, Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan Administrasi Universitas Warmadewa. JAGADHITA : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 3(2), 64–75. https://doi.org/10.22225/jj.3.2.130.64-75
Tania, A., Bisnis, P. M., Manajemen, P. S., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2013). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Karyawan Pt . Dai Knife Di Surabaya. 1(3). http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/viewFile/1157/1044
Tanjungsari, P. (2011). Universitas Komputer Indonesia Page 1. 1(1), 1–14. https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/492/jbptunikompp-gdl-penitunjun-24596-7-jurnal.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.