Pengaruh Intervensi Pemerintah Indonesia Melalui Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 12/2019 Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen

Studi Pada Perusahaan Jasa Transportasi Digital Grab Indonesia

Authors

  • Erwin Universitas Sulawesi Barat
  • Taufik Hidayat B. Tahawa
  • Suciati
  • Riady Ibnu Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.26487/jbmi.v18i1.13575

Keywords:

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 12/2019, Promosi Penjualan, Kepuasan, dan Loyalitas Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intervensi dari Peraturan Menteri PM 12 2019 dan Promosi Penjualan terhadap Kepuasan serta Loyalitas Konsumen pada perusahaan jasa transportasi digital Grab Indonesia, penelitian ini menggunakan jumlah responden 112 konsumen. Instrumen penelitian ini telah melewati tahap uji Validitas dan Reabilitas. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan analisis data menggunakan Stuctural Equation Modeling (SEM) dioperasikan menggunakan Analysis of Moment Structural (AMOS). Hasil penelitian pada taraf 5% menunjukkan bahwa peraturan menteri PM 12 2019 terhadap kepuasan konsumen sebesar -0,073 < 1,96 dan nilai P 0,941 > 0,05, ini berarti bahwa karakteristik Peraturan Menteri PM 12 2019 tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, peraturan menteri PM 12 2019 terhadap loyalitas konsumen sebesar 3,272 > 1,96 dan nilai P 0,001 <¸0,05, ini berarti bahwa karakteristik peraturan menteri PM 12 2019  memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen, promosi penjualan terhadap kepuasan konsumen  sebesar 7,057 > 1,96 dan nilai P 0,001 < 0,05. Ini berarti bahwa karakteristik promosi penjualan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen, variabel promosi penjualan terhadap loyalitas konsumen sebesar -0,707 < 1,96 dan nilai P 0,48 > 0,05. Ini berarti bahwa karakteristik promosi penjualan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen, variabel kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen sebesar 3,427 > 1,96 dan nilai P 0,001 < 0,05. Ini berarti bahwa karakteristik kepuasan konsumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Taufik Hidayat B. Tahawa

Fakultas Ekonomi, Universitas Sulawesi Barat, Indonesia

Suciati

Fakultas Ekonomi, Universitas Sulawesi Barat, Indonesia

Riady Ibnu Khaldun

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sulawesi Barat, Indonesia

References

Abdillah, W., & Jogiyanto, H. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. In book.

American Marketing Association. (2012). Definition of Marketing. In About AMA.

Baker, M. J. (Ed.). (2003). The marketing book (5th ed). Butterworth-Heinemann.

Booch, G. (2006). Goodness of fit. IEEE Software. https://doi.org/10.1109/MS.2006.162

Byrne, B. M. (2013). Structural equation modeling with AMOS: Basic concepts, applications, and programming, second edition. In Structural Equation Modeling with AMOS: Basic Concepts, Applications, and Programming, Second Edition. https://doi.org/10.4324/9780203805534

Hasan, D. B. N. (2014). Syariah Marketing. Jurnal Dinar: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam.

Haws, K. L., & Bearden, W. O. (2006). Dynamic Pricing and Consumer Fairness Perceptions. Journal of Consumer Research. https://doi.org/10.1086/508435

Henseler, J., & Sarstedt, M. (2013). Goodness-of-fit indices for partial least squares path modeling. Computational Statistics. https://doi.org/10.1007/s00180-012-0317-1

https://www.ama.org/

Indriastjario, I. (2003). Pengembangan Konsep Ruang Komersial Rekreatif Pada Penataan Kawasan Bubakan Kota Semarang. Jurnal Jurusan Arsitektur.

Abdillah, W., & Jogiyanto, H. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. In book.

American Marketing Association. (2012). Definition of Marketing. In About AMA.

Booch, G. (2006). Goodness of fit. IEEE Software. https://doi.org/10.1109/MS.2006.162

Byrne, B. M. (2013). Structural equation modeling with AMOS: Basic concepts, applications, and programming, second edition. In Structural Equation Modeling with AMOS: Basic Concepts, Applications, and Programming, Second Edition. https://doi.org/10.4324/9780203805534

Hasan, D. B. N. (2014). Syariah Marketing. Jurnal Dinar: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam.

Haws, K. L., & Bearden, W. O. (2006). Dynamic Pricing and Consumer Fairness Perceptions. Journal of Consumer Research. https://doi.org/10.1086/508435

Henseler, J., & Sarstedt, M. (2013). Goodness-of-fit indices for partial least squares path modeling. Computational Statistics. https://doi.org/10.1007/s00180-012-0317-1

Indriastjario, I. (2003). Pengembangan Konsep Ruang Komersial Rekreatif Pada Penataan Kawasan Bubakan Kota Semarang. Jurnal Jurusan Arsitektur.

Kotler, P., & Zaltman, G. (1971). Marketing : Approach Planned Social Change. Public Opinion.

Lin, M., & Dula, C. W. (2016). Grab Taxi: Navigating new frontiers. Grab Taxi: Navigating New Frontiers.

Llabre, M. M., & Arguelles, W. (2013). Structural Equation Modeling (SEM). In Encyclopedia of Behavioral Medicine. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-1005-9_217

Maydeu-Olivares, A., & García-Forero, C. (2010). Goodness-of-fit testing. In International Encyclopedia of Education. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-044894-7.01333-6

Oliver, R. L. (1999). Whence consumer loyalty? Journal of Marketing. https://doi.org/10.2307/1252099

Oly Ndubisi, N., Har Lee, C., Cyril Eze, U., & Oly Ndubisi, N. (2011). Analyzing key determinants of online repurchase intentions. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics. https://doi.org/10.1108/13555851111120498

Ramirez, R., Melville, N., & Lawler, E. (2010). Information technology infrastructure, organizational process redesign, and business value: An empirical analysis. Decision Support Systems. https://doi.org/10.1016/j.dss.2010.05.003

Mosahab, R., Mahamad, O., & Ramayah, T. (2010). Service Quality, Customer Satisfaction And Loyalty: A Test Of Mediation. International Business Research, 3(4), p72. https://doi.org/10.5539/ibr.v3n4p72

R, M. A. K., Himawan, & F, G. A. (2015). Pengembangan Kewirausahaan Umkm: Suatu Tantangan Di Era Ekonomi Digital. Sustainable Competitive Advantage (SCA).

Sopini, P. (2014). Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pelanggan Speedy Pada Pt. Telkom Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya.

Widagdo, A. K., Widodo, A., & Ismail, M. (2016). Sistem Akuntansi Pengelolaan Dana Desa. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. https://doi.org/10.24914/jeb.v19i2.336

Wijayanto, I., & Iriani, S. S. (2013). Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen. 9.

Downloads

Published

2021-06-20

How to Cite

Erwin, Tahawa, T. H. B., Suciati, & Khaldun, R. I. (2021). Pengaruh Intervensi Pemerintah Indonesia Melalui Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 12/2019 Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen: Studi Pada Perusahaan Jasa Transportasi Digital Grab Indonesia. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 18(1), 46-56. https://doi.org/10.26487/jbmi.v18i1.13575

Issue

Section

Articles