Pengaruh Jaringan Usaha, Inovasi Produk, dan Persaingan Usaha Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Authors

  • Bahtiar Herman Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Mursalim Nohong Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.26487/jbmi.v19i1.18575

Keywords:

Jaringan Usaha, Inovasi Produk, Persaingan Usaha Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Abstract

Perkembangan suatu unit usaha dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor internal perusahaan maupun eksternal perusahaa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengaruh jaringan usaha, Inovasi Produk dan persaingan usaha terhadap perkembangan Usaha Mikro Kecil dan  Menengah (UMKM) di Kabupaten Sidenreng Rappang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel sebanyak 40 UMKM yang diambil menggunakan teknik disproportionate stratified random sampling dan simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear  menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: jaringan usaha, Inovasi Produk dan persaingan usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan kinerja UMKM di Kabupaten Sidenreng Rappang

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mursalim Nohong, Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin

References

Kalil, K., & Aenurohman, E. A. (2020). Dampak Kreativitas dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja UKM di Kota Semarang. Jurnal Penelitian Humaniora, 21(1), 69–77.

Kuncoro, M. (2006). Ekonomi Pembangunan. Salemba Empat.

Lestari, C. (2015). Pengaruh Jaringa Usaha, Inovasi Produk, dan Persaingan Usaha Terhadap Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal manajemen dan kewirausahaan, 16(1).

Liu, F. . L. G. (2018). Research on Tourism Development Model of National Intangible Cultural Heritage (Traditional Skills) in Guizhou Province. Journal of Finance and Economic, 341–347.

Muhammad, T. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk Dan Penggunaan Sistem Akuntansi Terhadap Kinerja Umkm. Jurnal Akuntansi, Perpajakan dan Auditing, 1(2).

Nainggolan, A. (2018). Competitive Advantage dan Upaya Meningkatkan Laba Perusahaan. Jurnal Manajemen, 4(1), 1–14.

Pudyastuti, E. (2021). Upaya Peningkatan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Medan di Masa Pandemi Covid 19. 4(3), 437–449.

Sumardi. (2017). Peran Baitul Maal Wat Tamwil Husnayain Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam, 1(1), 68–89.

Downloads

Published

2022-06-13

How to Cite

Herman, B., & Nohong, M. (2022). Pengaruh Jaringan Usaha, Inovasi Produk, dan Persaingan Usaha Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) . JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 19(1), 1-19. https://doi.org/10.26487/jbmi.v19i1.18575

Issue

Section

Articles