Perbandingan Penskoran Dikotomi dan Politomi dalam Teori Respon Butir untuk Pengembangan Bank Soal Matakuliah Matematika Dasar
DOI:
https://doi.org/10.20956/jmsk.v9i2.3402Abstract
Teori Respon Butir merupakan pendekatan modern yang dilakukan untuk memberikan evaluasi dan penilaian terhadap perangkat tes yang digunakan dan hasil belajar peserta didik untuk mendapatkan informasi tentang sejauh mana keberhasilan guru/dosen sebagai fasilitator dalam menyajikan bahan pembelajaran serta sejauh mana peserta didik dapat menyerap materi yang diajarkan. Pada penelitian ini Teori Respon Butir difokuskan pada Penskoran Dikotomi dan Politomi untuk mengevaluasi perangkat tes matakuliah Matematika Dasar pada Fakultas Kehutanan dan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin, dan penilaian hasil belajar mahasiswa pada kedua fakultas tersebut, sebagai langkah untuk pengembangan bank soal yang berkualitas untuk matakuliah ini. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk soal matakuliah Matematika Dasar yang merupakan matakuliah di bawah koordinasi dari UPT MKU Universitas Hasanuddin Makassar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Matematika, Statistika dan Komputasi is an Open Access journal, all articles are distributed under the terms of the Creative Commons Attribution License, allowing third parties to copy and redistribute the material in any medium or format, transform, and build upon the material, provided the original work is properly cited and states its license. This license allows authors and readers to use all articles, data sets, graphics and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs and other platforms by providing appropriate reference.