STRATEGI POSITIONING DALAM RANGKA MEMPERTAHANKAN DAN MENINGKATKAN PANGSA PASAR RSIA ST FATIMAH MAKASSAR

Nurbani Bangsawan, Abdul Rahman Kadir, Rasyidin Abdullah

Abstract

Positioning RSIA St. Fatimah cenderung untuk pasien rawat inap di bawah program perlindungan sosial daripada pasien rawat inap umum. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor yang memengaruhi positioning RSIA St. Fatimah. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei cross sectional study yang bertujuan untuk mengetahui respon terhadap tujuan penelitian dari responden yang berjumlah 150 pasien. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat variabel independen, yakni strategi layanan dengan nilai p=0,00, strategi promosi dengan nilai p=0,00, strategi harga dengan nilai p=0,00 dan strategi proses dengan nilai p=0,00 berhubungan positif dan signifikan dengan positioning RSIA St. Fatimah Makassar. Strategi promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap positioning RSIA St. Fatimah dengan nilai p=0,46. Strategi harga tidak berpengaruh signifikan dengan nilai p=0,81. Strategi proses berpengaruh signifikan terhadap positioning RSIA St. Fatimah dengan nilai p=0,01 dan besar pengaruh 2,63. Kesimpulannya adalah strategi pelayanan, strategi promosi, strategi harga dan strategi proses yang memengaruhi secara dominan adalah strategi pelayanan.

References

1. Tandirerung E. Hubungan Brand Equity dengan Keputusan Pemanfaatan Jasa Pelayanan Perawatan Paviliun Sawit Rumah Sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar [Tesis]. Makassar: Universitas Hasanuddin; 2005.

2. Hair L. Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat; 2001.

3. Tjiptono F. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia; 2009.

4. Rangkuti F. The Power of Brands Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek, Plus Analisis Kasus dengan SPSS. Jakarta: Gramedia Utama; 2004.

5. Suprihanto J. Marketing for Health Care Organization. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada; 1997.

6. Kotler P. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta: Prenhalindo; 1997.

7. Tura. Upaya Pemasaran Instalasi Rawat Inap di Rumah Sakit Bersalin Siti Fatimah Makassar [Tesis]. Surabaya: Universitas Airlangga; 2003.

8. Adiwijaya. Analisis Hubungan antara Marketing Mix dengan Keputusan Pasien Memanfaatkan Rawat Jalan Rumah Sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar [Tesis]. Makassar: Universitas Hasanuddin; 2005.

9. Abdullah N. Hubungan Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Minat Memanfaatkan Kembali Poli Kebidanan RSU Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar [Tesis]. Makassar: Universitas Hasauddin; 2007.

10. Bahren Z. Analisis Faktor-Faktor Penentu Strategi Positioning untuk Mempertahankan dan Meningkatkan Pangsa Pasar PT. Telkom Divre VII [Disertasi]. Makassar: Universitas Hasanuddin; 2006.

Authors

Nurbani Bangsawan
bangsawannurbani@yahoo.co.id (Primary Contact)
Abdul Rahman Kadir
Rasyidin Abdullah
Bangsawan, N., Kadir, A. R., & Abdullah, R. (2016). STRATEGI POSITIONING DALAM RANGKA MEMPERTAHANKAN DAN MENINGKATKAN PANGSA PASAR RSIA ST FATIMAH MAKASSAR. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 9(1), 15-20. https://doi.org/10.30597/mkmi.v9i1.435
Copyright and license info is not available

Article Details