HUBUNGAN ANTARA BAURAN PEMASARAN DENGAN LOYALITAS PASIEN DI RAWAT INAP RSUD SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA
DOI:
https://doi.org/10.30597/mkmi.v10i2.503Keywords:
Loyalitas, promosi, proses, orang, tempat, bukti fisikAbstract
Sebuah rumah sakit perlu untuk mendesain program pemasaran agar produk/jasa dapat sampai pada konsumen dan memotivasi konsumen untuk membelinya. Alat yang digunakan adalah bauran pemasaran (marketing mix) merupakan kombinasi dari 4 atau lebih variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran rumah sakit. Bauran pemasaran yang lazim digunakan, yaitu product, price, place dan promotion, untuk pemasaran jasa memerlukan bauran pemasaran yang diperluas, yaitu people, physical evidence dan process. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bauran pemasaran dengan loyalitas pasien di rawat inap RSUD Syekh Yusuf Kab. Gowa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional dengan rancangan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat inap yang menggunakan jasa pelayanan kesehatan sebanyak 1.165 pasien, dengan sampel penelitian sebanyak 92 responden. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada hubungan antara bauran promosi (p=0,000), tempat (p=0,000), dan bukti fisik (p=0,006) dengan loyalitas pasien, dan tidak ada hubungan antara bauran proses (p=0,059) dan orang/SDM (p=0,414) dengan loyalitas pasien di rawat inap RSUD Syekh Yusuf Gowa. Kesimpulannya adalah ada hubungan antara bauran pemasaran, tempat dan bukti fisik dengan loyalitas pasien.References
Hurriyati, R. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen: Fokus pada Konsumen Kartu Kredit Perbankan. Bandung: Alfabeta; 2010.
Depkes RI. Sistem Kesehatan Nasional Departemen Kesehatan RI 2004. Jakarta: Depeks RI; 2004.
RSUD Syekh Yusuf. Profil RSUD Syekh Yusuf Kab. Gowa Tahun 2012. Gowa : Rekam Medik RSUD Syekh Yusuf; 2012.
Dyah, A. R. Analisis Aspek Bauran Pemasaran yang Berhubungan dengan Loyalitas Pelanggan Rumah Sakit Yadika Tahun 2000 [Tesis]. Depok: Universitas Indonesia; 2000
Lupiyoadi, R. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat; 2001.
Hardianty, A. Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dengan Kunjungan Pasien di Unit Rawat Jalan RSIA Pertiwi MakassaTahun 2011. Jurnal AKK. 2012;1(1):1-55.
Dewi, S. I. Pengaruh Persepsi Pasien tentang Marketing Mix terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan Kediri [Tesis]. Semarang: Universitas Diponegoro; 2009.
Samboro J. Pengaruh People, Process, dan Physical Evidence terhadap Loyalitas Melalui Keputusan Mahasiswa Memilih Politeknik Negeri Malang [Tesis]: Universitas Brawijaya; 2009.
Supriyanto, Ernawaty. Pemasaran Jasa Industri Kesehatan. Yogyakarta: Andi; 2010.
Wibisono, U. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Konsumen PT. Telkomsel Indonesia dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jurnal Graduasi 2011;25(3).
Sakka, A. Studi Tentang Pengguna dan Bauran Pemasaran Produk Hyperbaric Oxygen (HBO) di Rumah Sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo [Skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin; 2005.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc.
All articles published Open Access are free for everyone to read and download. Under the CC-BY-NC-SA license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Universitas Hasanuddin in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Universitas Hasanuddin are required to cite the original source, including the author's names, Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Universitas Hasanuddin as the initial source of publication, year of publication, and volume number.
Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Universitas Hasanuddin is licensed under Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.