OPTIMALISASI INTERNET MARKETING UNTUK PENINGKATAN DAYA SAING USAHA MIKRO HANDICRAFT DI DESA SEBATU
DOI:
https://doi.org/10.20956/pa.v6i2.14006Keywords:
Internet marketing, business competitiveness, micro business, handicraft business.Abstract
Sebatu Village, Tegallalang District, is one of the central areas for wood craftsmen in Gianyar. Almost all residents have a profession as wood craftsmen. The products produced are wooden piggy banks, wooden calendars, wall hangings, souvenirs, etc. However, currently, the woodcraft business in Sebatu Village is decreasing. As a result, woodcraft business actors are required to increase their competitiveness. This community service activity aims to provide understanding and training in the application of internet marketing to increase the competitiveness of the micro handicraft business in Sebatu Village. The method of carrying out this activity is problem identification through observation and interviews, providing knowledge and practice in an internet marketing application, namely by using a marketplace. This activity can explain internet marketing and skills to use the marketplace, Tokopedia, and Shopee, as platforms for selling products online. The following community service activities and articles are expected to cover a broader range of micro-enterprises that will sell their products online. --- Desa Sebatu, Kec. Tegallalang merupakan salah satu daerah sentral pengrajin kayu di Gianyar. Hampir semua penduduk memiliki profesi sebagai pengrajin kayu. Produk yang dihasilkan berupa celengan kayu, kalender kayu, hiasan dinding, souvenir dan lain sebagainya. Namun saat ini usaha kerajinan kayu di Desa Sebatu semakin menurun. Sehingga mengakibatkan pelaku usaha kerajinan kayu dituntut untuk dapat meningkatkan daya saingnya. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pelatihan pengaplikasian internet marketing guna meningktakan daya saing usaha mikro handicraft di Desa Sebatu. Metode pelaksaan kegiatan ini adalah identifikasi masalah melalui observasi dan wawancara, pemberian pemahaman dan praktik pengaplikasian internet marketing, yaitu dengan menggunakan marketplace. Kegiatan ini mampu memberikan pemahaman tentang internet marketing dan keterampilan untuk menggunakan marketplace yaitu Tokopedia dan Shopee sebagai platform penjualan produk secara online. Kegiatan dan artikel pengabdian kepada masyarakat berikutnya diharapkan dapat mencakup lebih luas lagi usaha mikro yang akan menjual produknya secara online.
References
Asis, P. H., Marjani, M., & Ma’ruf, A. A. (2020). Penggunaan Pemasaran Digital (Digital Marketing) Sebagai Pendukung Pengembangan Usaha Pada Kelompok Pengrajin Anoa Art. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 345–352. https://doi.org/10.31960/caradde. v2i2.344
Ccnindonesia.com. (2020). Daftar Toko Online yang Paling Menguasai Pasar RI Selama 2019. Www.Cccnindonesia.Com. https://www.cnnindonesia. com/teknologi/20200124205259-206-468540/daftar-toko-online-yang-paling-menguasai-pasar-ri-selama-2019
Djamaludin, D., Aviasti, A., & Rukmana, O. (2016). Peningkatan Kemampuan Usaha Kecil Menengah Di Wilayah Bandung Raya Dalam Pemanfaaatan Internet Sebagai Sarana Pemasaran Dan Perluasan Jangkauan Pasar. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 125. https://doi.org/10.29313/ethos.v0i0.1682
Gultom, D. K., Pulungan, D. R., & Farisi, S. (2019). Pembinaan dan Pendampingan Internet Marketing Guna Peningkatan Daya Saing pada Usaha Mikro Handycraft di Kota Medan. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 339–347. https://doi.org/10.21067/jpm.v4i1.2700
Kominfo.go.id. (2019). Kemkominfo: Pertumbuhan e-Commerce Indonesia Capai 78 Persen. Www.Kemkominfo.Go.Id. https://kominfo.go.id/ content/detail/16770/kemkominfo-pertumbuhan-e-commerce-indonesia-capai-78-persen/0/sorotan_media
Kumparan.com. (2020). Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tahun 2020 Capai 196,7 Juta, Naik karena WFH. Www.Kumparantech.Com. https://kumparan.com/kumparantech/jumlah-pengguna-internet-indonesia-tahun-2020-capai-196-7-juta-naik-karena-wfh-1uYnJ729dTL#:~:text=Menurut survei Asosiasi Penyelenggara Jasa,9 juta berdasarkan data BPS.
Lestari, D. P. (2015). Analisis Strategi Internet Marketing Butik Online Di Surabaya Melalui Instagram. Jurnal Commonline Departemen Komunikasi, 4(2), 412–424.
Miranda, J. (2013). Pemakian E-commerce Untuk Usaha Kecil dan Menengah Guna Meningkatkan Daya Saing. 4(2), 638–645.
Nurfaizah. (2020). Optimalisasi Internet Marketing dalam Pemasaran Produk. 24(2), 139–141.
Peluang pengusaha kontan. (2017). Bertandang ke pusat kerajinan kayu di Sebatu. Www.Peluangusaha.Kontan.Co.Id. https://peluangusaha. kontan.co.id/news/bertandang-ke-pusat-kerajinan-kayu-di-sebatu-1
Puspitaningsih, W. E., & Mahyuni, L. P. (2021). Pelatihan Pembuatan Daun Bidara Menjadi Produk Lulur Tradisional Di Desa Kutuh Training In Making Bidara Leaves Into Traditional Scrub Products In Kutuh Village. 5(4), 488–499.
Varian, Melvin, & Natasha, K. Y. (2019). Pengaruh Personal Selling Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian KERAMIK GARUDA TILE PADA PT. JUI SHIN INDONESIA MEDAN. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Yolanda, F. (2015). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Antenna Hdf Surabaya. 16, 231–239.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ni Putu Ayu Wulan Purnama Dewi, Luh Putu Mahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.