PENDAMPINGAN PEMBUATAN PROPOSAL DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK PENGEMBANGAN PONDOK TAHFIDZ AHLUL JANNAH DI DESA PADDINGING KECAMATAN SANROBONE KABUPATEN TAKALAR

Authors

  • Muh Azhar Universitas Muslim Indonesia, Makassar
  • Syamsul Bakhri Universitas Muslim Indonesia, Makassar
  • Andi Widya Mufila Gaffar Universitas Muslim Indonesia, Makassar
  • Fadil Abdillah Arifin Universitas Muslim Indonesia, Makassar
  • Sitti Nurana Universitas Muslim Indonesia, Makassar
  • Muhammad Ridha Kasim Universitas Muslim Indonesia, Makassar
  • Nur Ilah Padhila Universitas Muslim Indonesia, Makassar

Keywords:

Community service, tahfidz school, islamic boarding school, school

Abstract

Community Service activities were carried out in Padding Village, Sanrobone District, Takalar Regency for one month. Padding Village has four hamlets, namely Hamlet Paddinging I, Hamlet Paddinging II, Hamlet Bonto Beru and Hamlet Bonto Panno, and has territorial boundaries, namely Tanrara Village to the north, Banyuanyara Village to the south, Jipang Village to the east and Tonasa Village to the west. In Padding Village there is a tahfidz hut called Pondok Tahfidz Ahlil Jannah which is managed by the Hidayatullah Foundation. During the survey (survey) to the location of Pondok Tahfidz as the initial stage of this activity, it was found that the Santri Dormitory and the Hall for Study Rooms had stopped construction. Referring to the results of visits and meetings with the Target Audience, the problem faced by the Target Audience is that there is no knowledge in applying for financial assistance to continue the dormitory and hall for study rooms and does not have the ability to use social media to socialize their needs to students. The purpose of community service in this village is for the target audience to be able to make proposals to request financial assistance and be able to use social media to disseminate the content of their proposals to the wider community. The activity in this service as a solution to overcome the problems experienced by the Target Audience is to provide education to the Target Audience on how to make proposals and how to use social media using the mentoring method. The results achieved in this service activity are that the target audience is able to make a proposal to ask for financial assistance and is able to social media to socialize the content of the proposal. Targets The achievements achieved in this service activity are the creation of a proposal for a request for financial assistance and the publication of the content of the proposal on social media. --- Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilaksanakan di Desa Paddinging Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar selama satu bulan. Desa Paddinging memiliki empat dusun, yaitu Dusun Paddinging I, Dusun Paddinging II, Dusun Bonto Beru dan Dusun Bonto Panno, serta memiliki batas wilayah, sebelah utara yaitu Desa Tanrara, sebelah selatan Desa Banyuanyara, sebelah timur Desa Jipang dan sebelah barat Desa Tonasa. Di Desa Paddinging terdapat pondok tahfidz yang bernama Pondok Tahfidz Ahlil Jannah adalah bagian dari Pesantren Hidatullah Takalar yang dikelola oleh Yayasan Al Munawwarah. Pada saat peninjaun (survey) ke lokasi Pondok Tahfidz tesebut sebagai tahap awal kegiatan ini, ditemukan Asrama Santri dan Aula untuk Ruang Belajar yang terhenti pembangunannya. Mengacu pada hasil kunjungan dan pertemuan dengan Khalayak Sasaran, Permasalahan yang dihadapi Khalayak Sasaran adalah tidak memiliki pengetahuan dalam membuat proposal permohonan bantuan dana untuk melanjutkan pembangunan asrama santri dan aula untuk ruang belajar dan tidak mempunyai kemampuan dalam menggunakan media sosial untuk mensosialisasikan kebutuhannya kepada masyarakat. Tujuan kegiatan pengabdian di desa ini adalah agar Khalayak Sasaran mampu membuat proposal untuk permohonan bantuan dana dan mampu menggunakan media sosial untuk mensosialisasikan konten proposalnya kepada masyarakat luas. Kegiatan dalam pengabdian ini sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan yang dialami Khalayak Sasaran adalah memberikan edukasi kepada Khalayak Sasaran tentang cara pembuatan proposal dan cara penggunaan media sosial dengan menggunakan metode pendampingan. Hasil yang dicapai dalam kegiatan pengabdian ini adalah khalayak sasaran mampu membuat prosposal untuk permohonan bantuan dana dan mampu menggunakan media sosial untuk mensosialisasikan konten proposalnya. Target capaian yang dicapai dalam kegiatan pengabdian ini adalah terbuatnya proposal untuk permohonan bantuan dana dan terpublisnya konten proposalnya di media sosial.

References

Akbar, A., & Ismail, H. (2016). Metode Tahfidz Al-Qur'an Di Pomdok Pesantren Kabupaten Kampar. Jurnal Ushuluddin, 24(1). 91-102.

Al-Hafidz, A. W. (2020). Bimbingan praktis menghafal al-Qur’an. Wonosobo: penerbit Amzah.

Bakhri, S., Burhanuddin, A. M., Gaffar, A. W. M., Nurana, S., Padhila, N. I., Arifin, F. A., Kasim, M. R. (2021). Pemanfaatan Limbah Kulit Telur Menjadi Suplemen Penambah Gizi Bagi Masyarakat Desa Di Desa Paddinging Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar. Idea Pengabdian Masyarakat, 1(01). 22-24.

Dhofier, Z. (1982). Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=13917/

Faiqoh., & Mahfudh, S. (2015), Model Pembentukan Karakter Religius Santri Tahfidz Al-Qur'an Di Pondok Pesantren Mathali'ul Huda Pusat Kajen Pati. EDUKASI Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 13(3). 349-368.

Fatmawati, E. (2019). Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an. Jurnal ISEMA (islamic Education Manajemen), 4(1). 25-38.

Ferdinan. (2018). Pelaksanaan Progam Tahfidz Al Qur’an (Studi Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Sulawesi Selatan). Jurnal Tarbawi, 3(1). 39-50.

Kasim, M. R., Burhanuddin, M. A., Arifin, F. A., Nurana, S., Padhila, N. I., Gaffar, A. W. M., & Bakhri, S. (2022). Pendampingan Pemetaan Potensi Desa Di Desa Paddinging Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar. Jurnal Panrita Abdi, 6(2), 428-436.

Putra, U. G. K. (2017). Perancangan Pondok Pesantren Tahfidz Al-Karimah Di Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Online Mahasiswa Arsitektur Universitas Tanjung Pura, 5(2). 90-100.

Septianingsih., Ruhiyat., & Setiawan, A. I. (2019). Strategi Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Kompetensi Program Tahfidzul Qu’ran. Jurnal Tadbir (Jurnal Manajemen Dakwah), 4(2). 151-170.

Shobirin, M. (2018). Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an dalam Penanaman Karakter Islami. QUALITY Journal of Empirical Research In Islamic Education, 6(1). 16-30.

Syafruddin, A., Fauzi, M. D., & Ismudin, M. D. (2021). Problematika Pembelajaran Tahfidz di Pondok Pesantren. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan, 31(2). 108-119.

Zahra, H. (2021). Perencanaan Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’am (PPTQ) Parit 24 Tembilahan Hilir Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. STMJ (Structure Technology Management Journal), 1(1). 25-27.

Downloads

Published

2022-10-28

How to Cite

Muh Azhar, Syamsul Bakhri, Gaffar, A. W. M., Arifin, F. A., Nurana, S., Kasim, M. R., & Padhila, N. I. (2022). PENDAMPINGAN PEMBUATAN PROPOSAL DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK PENGEMBANGAN PONDOK TAHFIDZ AHLUL JANNAH DI DESA PADDINGING KECAMATAN SANROBONE KABUPATEN TAKALAR. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(4), 944–955. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi/article/view/20327

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.