Analisa Tahanan Dan Daya Mesin Pada Kapal Mini LNG Berbasis Simulasi Numerik

Penulis

Abstrak

Kebutuhan akan kapal Mini LNG (small LNG carrier) di Indonesia semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan pasokan LNG dari LNG field ke pulau-pulau di Indonesia bagian timur. Distribusi LNG ke pulau-pulau di Indonesia bagian timur kurang efektif bila menggunakan kapal LNG yang berukuran besar karena tidak adanya infrastruktur pipa gas untuk menyalurkan LNG dari terminal LNG di pelabuhan ke pengguna. Dengan kapal mini LNG maka pendistibusian LNG bisa menggunakan tangki-tangki LNG kecil yang nantinya akan dibawa oleh kendaraan darat setelah kapal bersandar di pelabuhan. Untuk mendesain sebuah kapal mini LNG diperlukan berbagai macam perhitungan yang tepat agar nantinya kapal yang dibangun akan memiliki performa yang baik dan efisien. Salah satunya yang harus dihitung adalah tahanan kapal dan EHP serta BHP untuk memprediksi daya mesin yang akan dipasang. Pada paper ini kajian difokuskan pada perhitungan tahanan kapal dan EHP serta BHP menggunakan metode simulasi numerik. Hasil dari paper ini untuk tahanan kapal desain 1 sebesar 101.01 kN dan untuk desain 2 sebesar 267.06 kN. Pada desain 1 untuk EHP sebesar 519.93 kW dan BHP sebesar 611.68 kW, sedangkan untuk desain 2 EHP sebesar 1373.87 kW dan BHP sebesar 1616.33 kW.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

J. Maritim, “Small LNG Tanker dan Aplikasinya di Indonesia,” 2017. https://jurnalmaritim.com/small-lng-tanker-dan-aplikasinya-di-indonesia/.

E. Bøckmann and S. Steen, “Model test and simulation of a ship with wavefoils,” Appl. Ocean Res., vol. 57, pp. 8–18, 2016, doi: 10.1016/j.apor.2016.02.002.

M. Terziev, T. Tezdogan, and A. Incecik, “A geosim analysis of ship resistance decomposition and scale effects with the aid of CFD,” Appl. Ocean Res., vol. 92, no. September, pp. 1–17, 2019, doi: 10.1016/j.apor.2019.101930.

J. R. Saripilli and D. Sen, “Numerical studies on effects of slosh coupling on ship motions and derived slosh loads,” Appl. Ocean Res., vol. 76, no. April, pp. 71–87, 2018, doi: 10.1016/j.apor.2018.04.009.

A. S. Mujahid and K. Priohutomo, “Studi Kelayakan Desain Kapal Hisap Tambang,” Wave J. Ilm. Teknol. Marit., vol. 12, no. 2, pp. 81–88, 2018, doi: 10.29122/jurnalwave.v12i2.3461.

G. Regatama, W. Amiruddin, and I. P. Mulyatno, “Studi Perancangan Kapal LNG 3150DWT,” Tek. Perkapalan, vol. 7, no. 2, pp. 152–160, 2017.

J. Holtrop and G. . Mennen, “An Approximate Power Prediction Method,” MARIN, no. 1982, pp. 166–170, 1982.

D. Technology, Orca 3D User Manual, 1.3.5., vol. 1.3.5, no. January. 2017.

R. P. and G. ITTC, “Predicting Powering Margins,” ITTC, vol. 7.5-02, no. 03–01.5, pp. 1–10, 2017.

E. V. Lewis, Principles of Naval Architects - Resistance, Propulsion and Vibration, vol. II. The Society of Naval Architects and Marine Engineer, 1988.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-30

Cara Mengutip

Priohutomo, K., Suwarni, E., & Wijaya, C. (2020). Analisa Tahanan Dan Daya Mesin Pada Kapal Mini LNG Berbasis Simulasi Numerik. Zona Laut : Jurnal Inovasi Sains Dan Teknologi Kelautan, 1(3), 64-72. Diambil dari https://journal.unhas.ac.id/index.php/zonalaut/article/view/10080

Terbitan

Bagian

Teknologi dan Rekayasa Bangunan Lepas Pantai