ANALISIS PERBANDINGAN KONFIGURASI 3x4 DAN 4x3 BERDASARKAN TENGANGAN TALI TAMBAT DAN OFFSET SPAR

Penulis

  • Andi Hamril Vikri Al Farisi Departemen Teknik Kelautan, Universitas Hasanuddin
  • Musdalifah Akbar Simanjuntak Departemen Teknik Kelautan, Universitas Hasanuddin
  • Selviani Selviani Departemen Teknik Kelautan, Universitas Hasanuddin
  • Fuad Mahfud Assidiq Departemen Teknik Kelautan, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v6i1.24232

Kata Kunci:

Kata kunci: Perpindahan SPAR, SPAR, Tegangan, Variasi Tali Tambat

Abstrak

Pada umumnya SPAR digunakan pada offshore yang masih beroperasi di laut. SPAR atau biasa disebut Single Point Anchor Reservoir adalah salah satu platform yang berbentuk silinder vertikal yang dipergunakan untuk menfasilitasi aktivitas drilling untuk eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas bumi dilaut. Sebuah SPAR tentunya memiliki tali tambat, fungsi utama tali tambat sendiri adalah untuk mengamankan posisi kapal agar tidak bergerak meskipun di terpa angin ataupun gelombang kencang pada struktur bangunan lepas pantai. Sehingga tali tambat dapat meminimalisir kerusakan pada SPAR yang dipengaruhi oleh beban lingkungan misalnya gelombang, arus dan angin. Di paper ini membahas mengenai analisis perbandingan konfigurasi pada tali tambat, Adapun variasi tali tambatnya yakni 3x4 dan 4x3 dimana SPAR memiliki 24 buah tali tambat dengan sudut antar mooring sebesar  200 serta radius mooring yaitu 500 m. Analisis yang dilakukan yaitu membandingkan konfigurasi 3x4 dan 4x3 berdasarkan tegangan tali tambat, perpindahan SPAR, dan umur kelelahan yang akan terjadi pada SPAR itu sendiri.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ishaq, Irza Yanuar. 2017. ”Studi Analitis, Numeris Dan Ekperimen Olah Gerak Serta Dinamika Tegangan Sistem Tambat Model Spar Tipe Klasik Dalam Kondisi Free Floating Dan Tertambat Dengan Variasi Konfigurasi Tali (Taut, Catenary 1 Dan Catenary 2)”. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Popov, E P. 1996. “Mekanika Teknik”. Erlangga. Indonesia

Siswanto, Slamet dkk. 2017. “Analisa Variasi Konfigurasi Sudut Sebar Sistem Spread Mooring pada Semi-submersible”. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

A. Sarifuddin, R. Ahmad, Dan F. M. Assidiq, “Analisis Vertical Plate Pada Variasi Kecepatan Aliran Di Lunas Spar”, Sensistek, Vol. 5, No. 2, Hlm. 90-94, Des 2022.

A. Phady, A. Rajmi, F. Ramadhani, M. T. P. Andalan, S. Aski, Dan M. Z. M. Alie, “Pengaruh Optimasi Beban Rangka Tubular Terhadap Analisis Kekuatan Tekuk Dan Kelelahan Pada Fixed Offshore Platform”, Sensistek, Vol. 3, No. 1, Hlm. 8-13, Nov 2020.

F. Mahmuddin, S. Klara, M. U. Pawara, Dan A. Y. Akhir, “Studi Performa Vertical-Axis Wind Turbine (Vawt) Sebagai Pembangkit Energi Listrik Pada Floating Platform”, Sensistek, Vol. 2, No. 1, Hlm. 8-16, Okt 2019.

F. Mahfud Assidiq, “Prediksi Performa Floating Offshore Wind Turbine Tipe Barge Floater Pasca Kegagalan Mooring Line”, Sensistek, Vol. 1, No. 1, Hlm. 73-80, Sep 2018.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-29

Cara Mengutip

Farisi, A. H. V. A., Simanjuntak, M. A., Selviani, S., & Assidiq, F. M. (2023). ANALISIS PERBANDINGAN KONFIGURASI 3x4 DAN 4x3 BERDASARKAN TENGANGAN TALI TAMBAT DAN OFFSET SPAR. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 6(1), 105-111. https://doi.org/10.62012/sensistek.v6i1.24232

Terbitan

Bagian

Teknologi Kelautan