ANALISIS VERTICAL PLATE PADA VARIASI KECEPATAN ALIRAN DI LUNAS SPAR

Penulis

  • Andika Sarifuddin Departemen Teknik Kelautan, Universitas Hasanuddin
  • Rati Ahmad Departemen Teknik Kelautan, Universitas Hasanuddin
  • Fuad Mahfud Assidiq Departemen Teknik Kelautan, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v5i2.24233

Kata Kunci:

Kata Kunci : SPAR, CFD, Plat Vertikal, Bentuk Aliran, Laju Aliran, Tekanan Aliran

Abstrak

Kemajuan peradaban manusia saat ini diikuti pula dengan meningkatnya permintaan untuk memenuhi kebutuhan energi, termasuk kebutuhan terhadap minyak dan gas bumi. SPAR (Single Point Anchor Reservoir) adalah salah satu struktur terapung lepas pantai yang sesuai dan efisien untuk digunakan pada perairan dalam untuk pengeboran, produksi, pengolahan, penyimpanan maupun sebagai pembangkit listrik terbarukan. SPAR Platform terdiri dari sebuah silinder yang mengapung vertikal di dalam air. Periode natural dari struktur SPAR yang tersebar di Gulf of Mexico umumnya memiliki periode natural 60 s untuk pitch. Vertical Plate dapat menjadi solusi alternatif untuk mengurangi gerakan rotasi sehingga sistem SPAR tersebut menjadi lebih stabil dan berfungsi lebih efisien. Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode perhitungan numerik menggunakan aplikasi computational fluids dynamics (CFD). Aliran turbulensi terbanyak terjadi pada variasi kecepatan 0.1 m/s, maka disimpulkan bahwa tidak selalu kecepatan aliran terbesar yang melewati vertical plate akan banyak terjadi pula aliran turbulensi. Simulasi kecepatan aliran setelah melewati vertical plate akan mengalami turbulensi dan kecepatannya mengecil akibat aliran mengalami turbulensi. Perubahan kecepatan yang terjadi pada simualasi dengan 3 variasi kecepatan 0.1 m/s, 1 m/s, dan 10m/s meliki rasio perubahan kecepatan yang sama yaitu 1.52. Tekanan terbesar terjadi pada simulasi pada bagian vertical plate yang terkena langsung dengan arah datangnya aliran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agarwal, A. K., & Jain, A. K. (2003). Dynamic behavior of offshore spar platforms under regular sea waves. 30, 487–516.

Farraz, M., & Rahayu, S. A. (2017). Analisis Aliran Fluida Pada Desain Awal Chamber Fluid Flow Analysis on Initial Design of Airborne Laboratory Sensor. 39–46.

Gemilang, G. M. (2012). Analisis Riser Interference Konfigurasi Steel Catenary Riser Pada Laut Dalam. 151.

Jain, A. K., & Agarwal, A. K. (2003). Dynamic analysis of offshore spar platforms. Defence Science Journal, 53(2), 211–219. https://doi.org/10.14429/dsj.53.2268

A. K. Yusim, B. Utomo, S. Suharto, dan H. Hartono, “Proses Perbaikan Plate Heat Exchanger Tipe M15 di PT. Janata Marina Indah (JMI) Semarang”, zonalaut, vol. 1, no. 1, hlm. 6-10, Mar 2020.

Syah, P. A. (2015). Analisa Aliran Fluida Pada Intake Manifold Mobil Esemka Standar dengan Intake Manifold Modifikasi Menggunakan CFD (Computational Fluid Dynamis)PADA SOFTWARE ANSYS 15.0.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-26

Cara Mengutip

Sarifuddin, A., Ahmad, R., & Assidiq, F. M. (2022). ANALISIS VERTICAL PLATE PADA VARIASI KECEPATAN ALIRAN DI LUNAS SPAR. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 5(2), 90-94. https://doi.org/10.62012/sensistek.v5i2.24233

Terbitan

Bagian

Teknologi Kelautan