KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS DI UNIT RAWAT INAP RSUD KOTA MAKASSAR

Sri Siswati

Abstract

Kepuasan pasien tergantung pada kualitas pelayanan yang diberikan. Suatu pelayanan dikatakan baik oleh pasien, jika jasa yang diberikan dapat memenuhi kebutuhan atau harapan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kehandalan (reability), jaminan (assurance), bukti fisik (tangible), empati (emphaty), daya tanggap (responsiveness), jumlah personel, ketersediaan obat dan keamanan dan kenyamanan (amenity) dengan kepuasan pasien BPJS di unit rawat inap RSUD Kota. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi adalah seluruh pasien peserta BPJS yang menjalani perawatan di unit rawat inap RSUD Kota Makassar berjumlah 1.293 orang. Penarikan sampel menggunakan accidental sampling dengan besar sampel 143 orang. Analisis data yang dilakukan adalah univariat dan bivariat dengan uji chi square. Hasil penelitian diketahui bahwa ada hubungan antara reability (p=0,001), tangible (p=0,000), empathy (p=0,001), responsiveness (p=0,001), dan amenity (p=0,001), dan tidak ada hubungan antara assurance (p=0,491), jumlah personel (p=0,106), dan ketersediaan obat (p=0,143) dengan kepuasan pasien BPJS di unit rawat inap RSUD Kota Makassar. Kesimpulan dari penelitian adalah ada hubungan reability, tangible, empathy, responsiveness, amenity dengan kepuasan pasien BPJS di unit rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Kota Makassar tahun 2015.

References

1. WHO: Hospitals. Jeneva; 2014 [Diakses 22 Nopember 2014]. Available at: http://www.who.int/topics/hospitals/en/

2. Pemerintah Kota Makassar. Profil Kesehatan Kota Makassar Tahun 2010. Makassar: Dinas Kesehatan. 2011. [Diakses 18Nopember2014].
Available at: http://dinkeskotamakassar.net/download/884makassar-10.pdf

3. Jacobis R. Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta Jamkesmas di BLU RSUP Prof.Dr. R.D. Kandou Manado. Jurnal EMBA. 2013; 1(4):619-629.

4. Supriyanto dan Ernawaty. Pemasaran Industri. Jasa Kesehatan. Yogyakarta, Andi; 2010. pp.303.

5. Permenkes No 28 Tahun 2014. Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. Jakarta : Menteri Kesehatan
RI.

6. RSUD Kota Makassar. Laporan Tahunan RSUD Kota Makassar. Makassar: Rekam Medik RSUD Kota Makassar;2013.

7. Bata, Y, W, Alwy, Darmawansyah. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Pengguna Askes Sosial pada Pelayanan Rawat Inap di RSUD Lakipadada Kabupaten Tana Toraja [Skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin; 2013.

8. Rahmawati N. Hubungan Kualitas Layanan dengan Kepuasan Pelanggan pada Pasien Rawat Inap RSUD Bangkalan Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 2014; 2(1):1-10.

9. Idris E. Hubungan Dimensi Mutu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Diruangan Rawat Inap RSUD Pariaman [Skripsi].
Padang: Universitas Andalas; 2012.

10. Masyruk A.M. Hubungan antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan di RSUD Kabupaten Majene [Skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin;2012.

11. Dabri, R, A, Paranoan, D, Paselle, E. Analisis Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pengunjung Pasien Kelas III Rumah Sakit Jiwa Daerah Atma Husada Mahakam Samarinda. eJournal Administrative Reform. 2013; 2(2):1304-1315.

12. Pemerintah Kota Makassar. Profil Kesehatan Kota Makassar tahun 2013. Makassar: Dinas Kesehatan 2014. [Diakses 18 November2014]. Available at: http://dinkeskotamakassar.net/download/718Gabung%20
profil%202013.pdf.

13. Sulistyawati N.L.M., Perdana N. Maidin A. Syafar M. Amiruddin R. dan Jafar N. Hubungan Kualitas Pelayanan Farmasi Pasien Rawat Jalan terhadap Kepuasan dan Keputusan Beli Ulang Obat di IFRS Jala Ammari Makassar [Skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin; 2011.

14. Azhari, A.H.A, Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap yang Menggunakan Jamkesmas di Puskesmas Kassi-Kassi Makassar [Skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin; 2011.

15. Anwar, M. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Kabupaten Sinjai [Skripsi]. Makassar: UMI; 2012.

Authors

Sri Siswati
sri_siswati93@yahoo.com (Primary Contact)
Siswati, S. (2016). KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS DI UNIT RAWAT INAP RSUD KOTA MAKASSAR. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 11(3), 174-183. https://doi.org/10.30597/mkmi.v11i3.531
Copyright and license info is not available

Article Details