PELATIHAN PEMASARAN ONLINE SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN BATIK GESEK GODHONG RW6 KELURAHAN TEGALSARI, SEMARANG

Authors

  • Maria Yosephine Dwi Hayu Agustini Universitas Katolik Soegijapranata
  • Agus Cahyo Nugroho Unversitas Katolik Soegijapranata
  • Lenny Setyowati Unversitas Katolik Soegijapranata
  • Bernard Febrianto Tjahjadi Universitas Katolik Soegijapranata
  • Eko Putri Wahyu Puji Astuti Universitas Katolik Soegijapranata

DOI:

https://doi.org/10.20956/pa.v6i3.15165

Keywords:

Batik gesek godhong, online marketing, tegalsari, semarang

Abstract

Batik gesek godhong is a new technique developed by a resident of RT 5 RW 6 Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Candisari Semarang. This local creation is expected to become an icon and unique gift of Semarang. Even though women in RW 6 had been taught the skill of making batik gesek godhong for this purpose, marketing the product has still been the problem. Online marketing is a media that relies on the technology of the internet and is considered effective in reaching broader areas and minimizing costs. Thus, this community service was dedicated to increasing the women's ability to do online marketing. The method applied for this community activity was training on marketing online through e-marketplace and art of selling online and mentoring the application of the training. Even though the number of women who have online shops has increased, they still encounter problems attracting consumers’ interest and building consumer loyalty or implementing the art of selling online. Thus, similar community service activity for them is still needed in the future. Generally, the evaluation of the participants in the training was satisfactory and highly satisfactory. --- Batik gesek godhong merupakan suatu teknik yang dikembangkan seorang warga RT 5 RW 6 Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Candisari Semarang. Karya lokal ini diharapkan bisa menjadi icon kota Semarang dan menjadi oleh-oleh khas Semarang. Walaupun ketrampilan membuat batik gesek godhong sudah ditularkan kepada ibu-ibu di wilayah RW 6 untuk maksud tersebut, namun pemasaran masih menjadi kendala. Pemasaran online merupakan satu media dengan teknologi internet yang dinilai efektf untuk menjangkau area pemasaran yang lebih luas dengan biaya lebih murah. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pemasaran online bagi ibu-ibu. Metode yang diterapkan adalah pelatihan pemasaran online melalui e-marketplace dan seni berjualan online dan pendampingan dalam penerapan hasil pelatihan. Pelatihan yang diikuti perwakilan tiap RT telah berhasil membuat peserta memiliki toko online di suatu e-marketplace. Walaupun jumlah ibu yang memiliki toko online sudah bertambah, namun permasalahan untuk menarik minat dan loyalitas konsumen atau menerapkan seni berjualan online masih dirasa menjadi kendala. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat serupa masih dibutuhkan dikemudian hari. Namun demikian, secara umum penilaian peserta terhadap program pengabdian ini adalah memuaskan dan sangat memuaskan.

Author Biographies

Agus Cahyo Nugroho, Unversitas Katolik Soegijapranata

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang

Lenny Setyowati, Unversitas Katolik Soegijapranata

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Hukum dan Komunikasi, Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang

References

Agustini, M. D., Athanasius, S. S., Retnawati, B. B., Perwito, A. H., & Anugraheni, D. T. (2020). Identifikasi Penerapan Digital Marketing Pada Bisnis Ditinjau dari Perspektif Pengusaha dan Konsumen. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Unika Soegijapranata.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN . JMD: Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 62-76. Diambil kembali dari http://ejournal.stiedewantara.ac.id

Gunarto, R. I. (2019). Blog Fintek Media. Diambil kembali dari 10 pertanyaan manfaat digital marketing untuk bisnis ukm anda: http://fintekmedia.id/post/10-pertanyaan-manfaat-digital-marketing-untuk-bisnis-ukm-anda

Holt, D. (2016). Branding in the Age of Social Media. Harvard Business Review, 50, 40-48.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principles of Marketing, Fifteenth Edition. Essex, England: Pearson Education Limited.

Media, J., & Garrido. (2008). Cases on Information Technology Entrepreneurship. IGI Publishing.

Melati, I. S., Margunani, Mudrikah, S., & Pitaloka, L. K. (2020). Upaya Optimalisasi Praktik Digital Marketing untuk Meningkatkan Hasil Penjualan Produk Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan. Panrita Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 155-163.

Saptoyo, R. D. (2020). Seminar: Pengertian, Tujuan, Syarat, Ciri, Fungsi, dan Unsur. Diambil kembali dari Kompas.com: https://www.kompas.com/skola/read/ 2020/12/29/221027369/seminar-pengertian-tujuan-syarat-ciri-fungsi-dan-unsur?page=all

Subawa, N. S., Yansen, M., Wirajaya, A. A., & Rahmadi, R. (2021). Penerapan Digital Marketing Arak Bali Produksi Desa Besan. Panrita Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 338-344.

Widianto, E., Rosena, A. W., Dilasari, A., Aulia, D. A., Wahyuningsih, S., Ashfahani, T. Z., & Andriarno, W. (2021). Pelatihan Pembuatan Merchandise untuk Meningkatkan Keterampilan dan Kreativitas Masyarakat di Kampoeng Heritage Kajoetangan Malang. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi dan Bisnis Asia, 2(1), 25-34.

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Agustini, M. Y. D. H., Nugroho, A. C., Setyowati, L., Tjahjadi, B. F. ., & Astuti, E. P. W. P. (2022). PELATIHAN PEMASARAN ONLINE SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN BATIK GESEK GODHONG RW6 KELURAHAN TEGALSARI, SEMARANG. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(3), 504–510. https://doi.org/10.20956/pa.v6i3.15165

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.