PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI PENGENALAN PEMASARAN DIGITAL KHUSUSNYA MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI DI ERA PANDEMI

Authors

  • I Made Bagus Lawa Pradnyanthya Wartika Universitas Pendidikan Nasional
  • Anak Agung Putu Putra Mahendra Universitas Pendidikan Nasional
  • I Putu Andi Wirawan Universitas Pendidikan Nasional
  • Luh Putu Mahyuni Universitas Pendidikan Nasional
  • I Nengah Wirsa Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.20956/pa.v7i2.20019

Keywords:

MSMEs, digital marketing, social media marketing

Abstract

Panjer Village has many culinary MSMEs. Most of these MSMEs have not become familiar with digital marketing and have only relied on conventional methods to attract consumers. This is why during the Covid-19 pandemic, these MSMEs have experienced a significant decline in sales. The purpose of this community outreach program is to provide an understanding of the importance of using digital marketing as a promotional medium and the skill to implement digital marketing. The methods of implementing this program are observation, interviews, training, and assistance. The program successfully introduces the importance of digital marketing and assists MSMEs in implementing digital marketing through social media platforms, thus improving MSMEs' skills in implementing digital marketing.  ---  Desa Panjer merupakan desa yang memiliki banyak UMKM kuliner. Hingga saat ini UMKM ini belum mengenal digital marketing, dan hanya mengandalkan cara konvensional untuk menarik konsumen, sehingga di masa pandemi Covid – 19 UMKM tersebut mengalami penurunan penjualan yang sangat signifikan. Tujuan dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya memanfaatkan pemasaran digital sebagai media promosi dan memberikan pelatihan pemanfaatan pemasaran digital. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah observasi, wawancara, pelatihan, dan pendampingan. Kegiatan ini telah mampu memperkenalkan pentingnya pemasaran digital dan melatih UMKM memanfaatkan pemasaran digital melalui media sosial, sehingga terjadi peningkatan keterampilan UMKM menggunakan pemasaran digital.

References

Dewi, K. N. K., & Mahyuni, L. P. (2022). Pelatihan Digital Marketing kepada UMKM di Banjar Pitik untuk Daya Saing Usaha. Jurnal Dinamisia, 6(3), 716–724.

Dewi, N. P. A. W. P., & Mahyuni, L. P. (2022). Optimalisasi Internet Marketing Untuk Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Handicraft di Desa Sebatu. Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat Panrita Abdi, 6(2), 324–334.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Debby Arisandi Halaman 61 dari 76 JMD. In Jurnal Manajemen Dewantara (Vol. 1, Issue 2). http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/issue/view/32

Gumi, K. A., & Mahyuni, L. P. (2021). Pengembangan Wisata Kampung Jalak Bali di Desa Bongan dengan Pemanfaatan Media Sosial. Jurnal Dinamika Pengabdian, 7(1), 95–104.

Hadi, D. F., Zakiah, K., & Bandung, I. (2021). Strategi digital marketing bagi UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) untuk bersaing di era pandemi. Competitive, 16(1). http://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/competitive|32

Hapsoro, B.B., Palupiningdyah, & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. ABDIMAS 23 (2) (2019): 117-120.

Kirana, D.H., Rafiah, K. K., & Sari, R.P. (2019). Pelatihan mobile apps digital marketing untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM) di jatinangor. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/13123

Mahyuni, L.P. & Satriawan, D.M.A. (2021). Menggali Potensi Maniktawang Sebagai Desa Wisata Alam dan Budaya. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1088–1096. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i5.6300

Marlinah, L. (2020). Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional. In Jurnal Ekonomi (Vol. 22, Issue 2).

Puspitasari, N.P.D. Nabillah, A.D., Bahari, R., Caksono, N.D., & Mustika (2019). Penerapan Teknologi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran Snack Tiwul. JSAI, 2(2). http://www.jurnal.umb.ac.id/index.php/JSAI.

Putri, B. A., & Mahyuni, L. P. (2022). Terobosan Pengelolaan Hotel Rimbun Canggu untuk Dapat Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Dinamika Pengabdian, 7(2), 361–372.

Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. In Generation Journal (Vol. 4, Issue 1). https://www.slideshare.net/DataReportal/digital-2019-Indonesia-january-2019.

Rifai, Z. & Meiliana, D. (2020). Pendampingan dan penerapan strategi digital marketing bagi UMKM terdampak pandemi COVID-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 604–609. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.540

Rizhaldi, A., & Mahyuni, L. P. (2021). Menavigasi Bisnis UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10(7).

Tantra, P. F. E., & Mahyuni, L. P. (2021). Pengembangan Strategi Pemasaran Kopi Rempah Desa Tista (Redesta) Dalam Meningkatkan Pendapatan Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes ). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(3), 218–225. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/23737/pdf

Thaha, A.F. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap UMKM Di Indonesia. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/brand.

Downloads

Published

2023-03-15

How to Cite

I Made Bagus Lawa Pradnyanthya Wartika, Anak Agung Putu Putra Mahendra, I Putu Andi Wirawan, Luh Putu Mahyuni, & I Nengah Wirsa. (2023). PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI PENGENALAN PEMASARAN DIGITAL KHUSUSNYA MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI DI ERA PANDEMI . Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(2), 285–292. https://doi.org/10.20956/pa.v7i2.20019

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.