Main Article Content

Abstract



Terjadinya penurunan jumlah kunjungan pasien di Polikinik Bedah dengan mayoritas pasien yang membutuhkan kunjungan berulang menunjukan bahwa cakupan pemanfaatan pelayanan kesehatan terbilang menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan pasien Poliklinik Bedah RSUD H. Padjonga Dg. Ngalle Kabupaten Takalar Tahun 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional dengan menggunakan desain studi Cross Sectional. Populasi pada penelitian ini adalah semua pasien Poliklinik Bedah bulan Januari hingga November tahun 2021 sebanyak 9942 pasien dengan sampel sebanyak 99 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Penelitian ini dilakukan pada 21 Februari hingga 21 Maret 2022. Data dianalisis menggunakan SPSS secara univariat dan bivariat dengan uji Chi-square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah responden yang cukup memanfaatkan pelayanan kesehatan sebanyak 47 orang (52,5%) dan tidak memanfaatkan pelayanan kesehatan sebanyak 52 orang (47,5%). Hasil uji statistik menunjukkan bahwa status pekerjaan (p=0,032), fasilitas rumah sakit (p=0,000), aksesibilitas (p=0,000), kepercayaan (p=0,037 dan kemudahan informasi (p=0,000). Sedangkan jenis kelamin (p=0,520) dan pelayanan tenaga kesehatan (p=0,052). Status Pekerjaan, Fasilitas Rumah Sakit, Aksesibilitas, Kepercayaan terhadap Pelayanan Kesehatan dan Kemudahan Informasi berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan sedangkan Jenis Kelamin dan Pelayanan Tenaga Kesehatan tidak memiliki hubungan. Pihak rumah sakit diharapkan untuk lebih memperhatikan penataan fasilitas, kedisiplinan waktu, dan mengadakan



kegiatan/event kesehatan.




Keywords

Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit

Article Details

Author Biographies

Syukma Ekawati, FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

Darmawansyah Darmawansyah, FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

Dian Saputra Marzuki, FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

How to Cite
Ekawati, S., Darmawansyah, D., & Marzuki, D. S. (2022). FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN RSUD H. PADJONGA DG. NGALLE TAKALAR: Factors Relating to the Ultilization of RSUD H. Padjonga Dg. Ngalle Takalar. Hasanuddin Journal of Public Health, 3(2), 115–124. https://doi.org/10.30597/hjph.v3i2.21128

References

  1. Abdillah N, Hosna.D AE. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Oleh Peserta BPJS di Instalasi Rawat Jalan RSUD Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jurnal Kesehatan Saintika Meditory. 2018;1(2):136–143.
  2. Takalar DRHPDNK. Profil Rumah Sakit RSUD H. Padjonga Dg. Ngalle. 2021.
  3. Takalar RMRHPDNK. Data Penyakit Tertinggi di Poliklinik Bedah RSUD H. Padjonga Dg. Ngalle. 2021.
  4. Health Service Utilization, Perspectives, and Health-Seeking Behavior for Maternal and Child Health Services in the Amazon of Peru, a Mixed-Methods Study. International Journal Equity Health. 2019;18(155):2.
  5. Fatimah S, Indrawati F. Faktor Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas. HIGEIA Journal Public Health Research and Development. 2019;3(1):121–131.
  6. Basith ZA, Prameswari GN. Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas. HIGEIA Journal Public Health Research and Development. 2020;4(1):52–63.
  7. Rosyada DF, Budi SC. Keikutsertaan Program Kesehatan Lansia Ditinjau Dari Biaya , Kepuasan Pelayanan Dan Harapan Pasien Di Puskesmas Nanggulan Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat. 2018;9(1):11–20.
  8. Bambang Irawan, Ainy A. Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pada Peserta Jaminan Kesehatan Nasional. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat. 2018;9(November):189–197.
  9. Napitupulu IK, Carolina B, Rahmawati N. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pengambilan Keputusan Keluarga Dalam Pemanfaatan Puskesmas Kelurahan Pasir Kaliki Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Prima. 2018;12(2):169–177.
  10. Pawara Y, Ngkolu NW, Pratiwi RD. Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Ulang Pelayanan Kesehatan Instalasi Rawat Jalan di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Sitti Khadijah I Makassar Tahun 2019. Jurnal Penelitian Kesehatan Pelamonia Indonesia. 2019;02(15).
  11. Harfika J, Abdullah N. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Aceh Barat Daya. Balance. 2017;XIV(1):48.
  12. Usman J, Basri M, Mansur EW. Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di UPTD Puskesmas Lakudo Kabupaten Buton Tengah. Jurnal Komunitas Kesehatan Masyarakat. 2021;3(1):39–51.
  13. Putri DE, Sinaga OS, Agustina SS, Pandapotan H, Sudirman A. Minat Kunjungan Ulang Pasien yang Ditinjau dari Aspek Persepsi dan Kepercayaan pada Klinik Vita Medistra Pematangsiantar. Inovbis Jurnal Inovasi dan Bisnis. 2020;8:41–46.
  14. Sediawan MNL, Ramadhani R. Kepercayaan Pasien Terhadap Layanan Kesehatan Suatu Studi Tinjauan Sistematis. Jurnal Ilmu Media Husada. 2022;11(April):71–83.
  15. Handayani S, Fannya P, Nazofah P. Faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Tenaga Kesehatan di Rawat Inap RSUD Batusangkar. Jurnal Endurance. 2018;3(3):440–448.
  16. Koswara IY. Perlindungan Tenaga Kesehatan Dalam Regulasi Perspektif Bidang Kesehatan Dihubungkan Dengan Undang-Undang Nomor 36 Tentang Kesehatan dan Sistem Jaminan Sosial. Jurnal Hukum POSITUM. 2018;3(1):1–18.
  17. Indrastuti AN, Mardiana. Pemanfaatan Pelayanan Antenatal Care di Puskesmas. HIGEIA Journal Public Health Research and Development. 2019;3(3):369–81.
  18. Pratiwi A, Raharjo BB. Pemanfaatan Pusat Layanan Kesehatan (PUSLAKES) Universitas Negeri Semarang. HIGEIA Journal Public Health Research and Development. 2017;1(4):49–60.

Similar Articles

<< < 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.