Main Article Content

Abstract




Komunikasi bukan hanya sebatas komunikasi yang dipakai untuk berbicara dengan pasien, namun komunikasi antar dokter dan pasien memiliki hubungan yang bertujuan untuk menyembuhkan pasien yang berdampak pada kepuasan pasien. Berdasarkan survei kepuasan yang dilakukan di Rumah Sakit Unhas pada tahun 2019 memperoleh hasil yaitu sebanyak 57% pasien Kelas 1 yang menyakatan puas, 68% pasien kelas 2 dan 3 yang menyatakan puas berkomunikasi dengan dokter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas komunikasi dengan tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin pada bulan april sampai juni. Data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan analisis chi square. Hasil penelitian berdasarkan uji chi square menunjukkan bahwa dimensi mendengarkan, percaya diri dan informasi berhubungan secara signifikan terhadap kepuasan pasien. Berdasarkan uji chi square terhadap 3 dimensi tersebut hasil uji diperoleh nilai p=0,000 < nilai =0,05. Sedangkan dimensi pengambilan keputusan tidak berhubungan secara signifikan terhadap kepuasan pasien dengan hasil uji diperoleh nilai p=1,000 > nilai =0,05.  Komunikasi yang efektif merupakan salah satu faktor yang menyebabkan pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit. Saran kepada dokter untuk bisa lebih memperhatikan lagi komunikasi yang dilakukan dengan pasien selama perawatan berlangsung.




Keywords

Kualitas komunikasi Kepuasaan pasien

Article Details

Author Biographies

Hasna Hasna, FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat Univeristas Hasanuddin

Irwandy Irwandy, FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat Univeristas Hasanuddin

Nur Arifah, FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat Univeristas Hasanuddin

How to Cite
Hasna, H., Irwandy, I., & Arifah, N. (2022). HUBUNGAN KUALITAS KOMUNIKASI DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS HASANUDDIN: Related Communication Quality With the Level of Patient Satisfaction at the Hasanuddin University Hospital. Hasanuddin Journal of Public Health, 3(2), 155–165. https://doi.org/10.30597/hjph.v3i2.21856

References

  1. Kemenkes RI. Permenkes No.3 tahun 2020 Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Jakarta: 2020.
  2. Kemenkes RI. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan. Jakarta: 2014.
  3. Munthe GA, Putrini WW, Siregar N, Akbar Sagala RA, Harahap NA. Analisis Faktor Komunikasi terhadap Pengambilan Keputusan pada Kecamatan Tanjungbalai Utara. Jurnal Ekonomi Keuangan dan Kebijakan Publik. 2022;3(2):146-156.
  4. Dora MS, Ayuni DQ, Asmalinda Y. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Kesehatan. 2019;10(2):101.
  5. Lestari SS, Hendra DM. Efektifitas Komunikasi Kesehatan Dokter dalam Mendiagnosis Penyakit Pasien Anggota KPPS Pemilu 2019 di Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmu Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau. 2020;8(2):1-2.
  6. Sustersic M, Gauchet A, Kernou A, Gibert C, Foote A, Vermorel C. A Scale Assessing doctor- Patient Communication in a Context of Acute Conditions Based on a Systematic Review. PLoS One. 2018;13(2):1-16.
  7. Tjiptono F. Penerapan Jasa, Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Publisher; 2019.
  8. Makahiking M, Rumayar AA. Hubungan antara Komunikasi Dokter-Pasien dengan Kepuasan
  9. Pasien Rawat Inap di RSUD Kota Bitung. Jurnal KESMAS. 2020;9(4):85-93.
  10. Saleh MS. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta BPJS
  11. di Rumah Sakit Labuang Baji Kota Makassar. Jurnal of Linguistics. 2018;3(2):139-157.
  12. Lupiyoadi R, Hamdani A. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat Publisher; 2018.
  13. Amirah, Indrianty S. Hubungan Komunikasi (Mendengarkan, Menjelaskan, dan Kompetensi) dengan Kepercayaan, Kepuasan dan Loyalitas Pasien Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit di Makassar. Jurnal Fakuktas Ekonomi Universitas Hasanudin. 2018;1(10).
  14. Riyadi MH, Widyanti R, Anhar D. Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dokter-Pasien dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Poliklinik RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin. Al-Kalam Jurnal Komunikasi, Bisnis dan Manajemen. 2020;7(1):55-71.
  15. Purba. K, Rahardjo T. Pengelolaan Hubungan Antara Dokter dan Pasien dalam Konteks Komunikasi Terapeutik. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. 2020;59.
  16. Oisina IV. Komunikasi Dokter yang Berpusat pada Pasien di Masa Pandemi. MEDIALOG Jurnal Ilmu Komunikasi. 2021;4(1):130-141.
  17. Gunawan S. Pengukuran Kepuasan Pasien Rawat-Inap Rumah Sakit. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia. 2018;1(1):153-159.
  18. Marynono, Imram RR, Putri AI. Hubungan Pemberian Informasi pada Pasien Rawat Inap dengan Kepuasan Mutu Pelayanan Pasien di Unit Admisi RSUP DR. Sardjito Yogyakarta. Jurnal of Hospital Administration. 2020;3(14):63-65.

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.