ANALISIS DESA SIAGA DI DESA EVU KABUPATEN MALUKU TENGGARA

Authors

  • Liana Detania Rahantoknam

DOI:

https://doi.org/10.30597/mkmi.v9i2.444

Keywords:

Analisis, Desa Siaga

Abstract

Desa Siaga adalah desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya, kemampuan dan kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan, bencana dan kegawatdaruratan kesehatan secara mandiri. Inti kegiatan desa siaga adalah pemberdayaan masyarakat agar mau dan mampu hidup sehat. Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan pengembangan Desa Siaga di Kabupaten Maluku Tenggara. Pelaksanaan pengembangan Desa Siaga ini merupakan tanggung jawab dari pimpinan dan perangkat pemerintahan desa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Data di analisis secara kualitatif dalam pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap pelaksanaan yang terdiri dari pengembangan tim petugas, pengembangan tim di masyarakat, survei mawas diri, musyawarah masyarakat desa, pembinaan, dan pembentukan forum untuk membantu atau memfasilitasi masyarakat menjalani proses pembelajaran melalui siklus pemecahan masalah yang terorganisir dan masih perlu ditingkatkan. Pengembangan Desa Siaga di Desa Evu Kabupaten Maluku Tenggara sudah berjalan dengan baik hanya saja perlu lebih lagi di tingkatkan. Langkah-langkah pokok yang perlu ditempuh adalah pengembangan tim petugas, pengembangan tim di masyarakat, survei mawas diri, musyawarah masyarakat desa, pembangunan poskesdes serta pembinaan dan peningkatan lintas sektor.

References

Departemen Kesehatan RI. Pedoman Pelaksanaan Desa Siaga. In: Indonesia DKR, editor. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia; 2006.

Misnaniarty, Ainy A, Fajar NA. Kajian Pengembangan Desa Siaga di Kabupaten Ogan Ilir’. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan. 2011;14 (2):78-83.

Departemen Kesehatan RI. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 30 Tahun 2006 Tentang Tatacara Penyerahan Urusan Pemerintahan Kabupaten/Kota Kepada Desa. In: RI DDN, editor. Jakarta: Departemen Dalam Negeri RI; 2006.

Departemen Kesehatan RI. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2007 Tentang Pelimpahan Urusan Pemerintahan Kabupaten/Kota Kepada Kelurahan. In: RI DDN, editor. Jakarta: Departemen Dalam Negeri RI; 2007.

Notoadmojo S. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta; 2003.

Azwar A. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Sinar Harapan; 2006.

Misnaniarty, Ainy A, Fajar NA. Kajian Pengembangan Desa Siaga di Kabupaten Ogan Ilir’. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan. 2011;14 (2):78-83.

Kurniawan A. Analisis Keberhasilan Proses Program Desa Siaga di Desa Penolih Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Jurnal Pembangunan Pedesaan. 2007;7(3):183-92.

Departemen Kesehatan RI. Pedoman Operasional Keluarga Sadar Gizi di Desa Siaga. In: RI DK, editor. Jakarta: Departemen Kesehatan

RI; 2007.

Departemen Kesehatan RI. Pedoman Umum Pengembangan Desa dan Kelurahan Siaga Aktif,. In: RI KK, editor. Jakarta: Pusat Promosi Kesehatan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI; 2010.

Downloads

Published

2016-06-21

Issue

Section

Articles