Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI

Authors

  • Fridawaty Rivai Bagian Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin
  • Syalwinda Lestari Bagian Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin
  • Khalid Shaleh RSUP. Dr. Wahidin Sudirohusodo

DOI:

https://doi.org/10.30597/mkmi.v16i1.9068

Keywords:

Kepuasan pasien, mutu, rawat inap

Abstract

Menjadikan kepuasan pasien sebagai orientasi adalah salah satu ciri pelayanan kesehatan bermutu. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan karakteristik responden dan dimensi mutu pelayanan dengan kepuasan pasien. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan di Rumah Sakit Ibnu Sina Yayasan Wakaf Universitas Muslim Indonesia. Sampel sebanyak 242 orang yang dipilih menggunakan consecutive sampling. Data diperoleh melalui hasil penyebaran kuesioner yang kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman. Dimensi kompetensi teknis (p = 0,026), efektivitas, efisiensi, kesinambungan pelayanan, keamanan, dan hubungan interpersonal dengan masing-masing nilai (p = 0,000) adalah dimensi yang memiliki hubungan signifikan. Dimensi keterjangkauan/akses pelayanan (p = 0,177) dan kenyamanan (p = 0,516) adalah dimensi yang tidak memiliki hubungan yang bermakna dengan kepuasan pasien. Terdapat enam dimensi yang memiliki hubungan signifikan dengan kepuasan pasien dari delapan dimensi mutu pelayanan. Saran untuk penelitian ini, diharapkan kepada Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI untuk meningkatkan aspek berupa sikap/keterampilan perawat, kesadaran perawat untuk mengidentifikasi pasien sebelum tindakan, kesigapan dalam melayani pasien, kemampuan komunikasi terutama perawat dalam menyampaikan perubahan keadaan pasien kepada dokter, dan edukasi pasien mengenai risiko kecelakaan di rumah sakit.

References

Amalia D, Rachmawati DA. Hubungan Indeks Kepuasan Pasien tentang Mutu Pelayanan Dimensi Kehandalan dengan Minat Berobat Kembali di RSD Kalisat Kabupaten Jember. e-Jurnal Pustaka Kesehatan. 2018;6(2):278–284.

Stephen R, Luthan P. Perilaku Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta; 2008.

I S, FD Z, AY L. Patient Perceptions of Servicescape in Healthcare: A Systematic Review of the Literature. Journal of Healthcare Management. 2018;63(2):94–104.

Brown LD, Franco LM, Rafeh N, Hatzell T. Quality Assurance In Health Care of Developing Countries. Bethesda USA: Quality Assurance Project; 1998.

Kotler P. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Jakarta: PT. Prenhallindo; 2002.

Supartiningsih S. Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit. 2017;6(1):9–15.

RS Ibnu Sina YW-UMI. Data Kunjungan Pasien Instalasi Rawat Inap. Makassar: Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI; 2018.

RS Ibnu Sina YW-UMI. Data Kepuasan Pasien Instalasi Rawat Inap. Makassar: Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI; 2018.

Sidenö L, Hmaidouch R, Brandt J, Krockow N Von, Weigl P. Satisfaction Level in Dental-Phobic Patients with Implant-Supported Rehabilitation Performed Under General Anaesthesia: a Prospective Study. BMC Oral Health. 2018;18(182):1–9.

Trisnantoro L. Memahami Penggunaan Ilmu Ekonomi dalam Manajemen Rumah Sakit. Yogyakarta: Gajah Mada University Press; 2005.

Barata AA. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT Elex Media Komputindo; 2006.

BPJS Kesehatan. Indeks Kepuasan Peserta dan Faskes Terhadap BPJS Kesehatan Sukses Lampaui Target [Internet]. Jakarta: Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan; 2015.

Tyser AR, Abtahi AM, Presson P.A., McFadden M. Evidence of Non-Response Bias in the Press-Ganey Patient Satisfaction Survey. BMC Health Services Research. 2016;16(350):1-6.

Batbaatar E, Dorjdagva J, Luvsannyam A, Savino MM, Amenta P. Determinants of Patient Satisfaction: a Systematic Review. Perspect in Public Health. 2017:137(2):89-101.

Utama PY, Prihartini AE, Listyorini S. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Dilihat dari Dimensi Kualitas Pelayanan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. 2013;2(2):1–9.

Ikbal M. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit. Jurnal Ilmu Kesehatan. 2018;17(3):15–22.

C Duffield, M Roche, L O' Brien P, C Catling P. Implications of Staff “Churn” for Nurse Managers, Staff, and Patients. Noursing Economics. 2009:27(2):103–110.

Jalil A, Zakar R, Zakar MZ, Fischer F. Patient Satisfaction with Doctor-Patient Interactions: a Mixed Methods Study among Diabetes Mellitus Patients in Pakistan. BMC Health Services Research. 2017;17(1):1–13.

Schiffman L, Kanuk L. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks; 2008.

Bruin-kooistra MDE, Marianne P, Buitendijk SE. Finding the Right Indicators for Assessing Quality Midwifery Care. International Journal for Quality in Health Care. 2012;24(3):301–310.

Leleu H, Al-Amin M, Rosko M, Valdmanis VG. a Robust Analysis of Hospital Efficiency and Factors Affecting Variability. Health Services Management Research. 2018;31(1):33–42.

Krowinski, William. Measuring and Managing Patient Satisfaction. American Hospital Publishing Inc; 2006.

Dayal, Hort K. What are Effective Policy Options for Governments in Low and Middle Income Countries to Improve and Regulate the Quality of Ambulatory Care. In: Asia Pacific Observatory On Health Systems And Policies. WHO; 2015.

Fatima T, Malik SA, Shabbir A. Hospital Healthcare Service Quality, Patient Satisfaction and Loyalty: an Investigation in Context of Private Healthcare Systems. International Journal of Quality & Reliability Management. 2018;35(6):1195–1214.

Lv Y, Xue C, Ge Y, Ye F, Liu X, Liu Y, et al. Analysis of Factors Influencing Inpatient and Outpatient Satisfaction With the Chinese Military Health Service. PLoS One. 2016;11(3):1–14.

Boyer L, Francois P, Doutre E, Weil G, Labarere J. Perception and Use of the Results of Patient Satisfaction Surveys by Care Providers in a French Teaching Hospital. International Journal for Quality Health Care. 2006;18(5):359–364.

Bancin ES, Aini F, Gunawan R. Pengaruh Faktor Waktu Pelayanan Kenyamanan dan Keistimewaan dan Hubungan antar Manuisa terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS di Instalasi Rawat Inap RSUD Aceh Singkil. Jurnal Rekam Medic. 2018;1(1):41–52.

Downloads

Published

2020-03-31

Issue

Section

Articles