TRANSFORMASI HAMA RUMPUT LAUT MENJADI PRODUK PERIKANAN

Authors

  • Khusnul Yaqin
  • Liestiaty Fachruddin
  • Dewi Yanuarita
  • Suwarni Suwarni
  • Sri Wahyuni Rahim
  • Joeharnani Tresnaty
  • Muh. Tauhid Umar
  • Hadiratul Kudsiah

DOI:

https://doi.org/10.20956/pa.v1i2.2415

Keywords:

Hama rumput laut, kerang hijau, kerang simping, bagan tancap kerang, sate kerang, dan grinting simping.

Abstract

Desa Mandalle adalah salah satu desa di Sulawesi Selatan yang memproduksi rumput laut. Salah satu hama budidaya rumut laut di perairan Desa Mandalle adalah kerang hijau.  Program pengabdian masyarakat yang didanai BOPTN Universitas Hasanuddin bertujuan untuk memanfaatkan hama rumput menjadi barang yang bernilai ekonmis penting. Di samping itu program ini juga bertujuan untuk memanfaatkan sumberdaya kerang yang lainnya seperti kerang simping, Placuna placenta.  Hasil yang dicapai pada program pengabdian ini adalah bagan tancap kerang hijau, keterampiran masyarakat dalam pengolah sumberdaya kerang menjadi bahan olahan seperti sate kerang dan grinting (kripik) simping dan mobile outlet (gerobak) sebagai wahana penjualan sate kerang, grinting simping dan jus rumput laut. Mobile outlet dimaksudkan untuk menciptakan pasar lokal produk olahan hasil laut Desa Mandalle dan menstimulasi masyarakat lokal untuk berbisnis hasil-hasil laut dari wilayah pesisir. Diharapkan program pengabdian ini menjadi inisiasi terbentuknya marine eco-techno-park. Hal ini didasarkan pada keeksotikan perairan Desa Mandalle dan banyaknya bahan aktif atau bioaktif hasil-hasil laut perairan Mandalle yang dapat diproses melalui pendekatan bioteknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Yaqin, K., B.W. Lay, E. Riani, Z.A. Masud, and P.D. Hansen. 2011. Hot spot biomonitoring of marine pollution effects using cholinergic and immunity biomarkers of tropical green mussel (Perna viridis) of the Indonesian waters. Journal of Toxicology and Environmental Health Sciences. 3 356-366.

Yaqin, K., Nursyamsiah, M.T. Umar, L. Fachruddin, dan B. Bachtiar. Apakah variasi ukuran panjang cangkang memengaruhi konsentrasi logam timbal di dalam daging kerang hijau Perna viridis? Prosiding Simposium Nasional I Kelautan dan Perikanan. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Downloads

Published

2017-10-15